Yeddy Julianto. Diberdayakan oleh Blogger.

Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sosial

Rabu, 09 November 2011

Untuk kali ini saya akan membahas hubungan antara jurusan saya yaitu Teknik Informatika dengan kehidupan sosial. Tapi disini saya akan lebih mebahasnya dengan topik yang lebih umum yaitu antara TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam kehidupan sosial. Kenapa? Ya karena memang pada dasarnya yang dipelajari di jurusan ini yaitu tentang teknologi tersebut, walaupun dengan pemahaman yang lebih luas dan mendalam.

Di jaman yang serba canggih ini sepertinya sangat mustahil bila kita tidak membutuhkan sebuah teknologi canggih untuk membantu kegiatan harian kita. Sebut saja teknologi itu Teknologi Informasi. Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Sangatlah munafik bila ada yang bilang tidak membutuhkan Teknologi Informasi saat ini. Dari bangun tidur sampai tidur kembali kita pasti membutuhkannya. Karena dengan teknologi tersebut semuanya menjadi lebih mudah dan efektif. Sebut saja contoh kecilnya yaitu untuk melakukan interaksi sosial. Misal si X ada di kota Sabang dan si Y ada di kota Merauke. Walaupun posisi mereka bagaikan dari ujung ke ujung, tapi mereka masih tetap bisa untuk berkomunikasi melalui ponsel. Ya jarak dan waktu sekarang tidak bisa memisahkan seseorang untuk saling bertukar informasi dan berkomunikasi.

Sebenarnya, hubungan antara Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sosial itu sangat luas. Setiap kalangan memiliki porsi tertentu untuk menggunakannya. Misalnya, porsi saya sebagai mahasiswa dan porsi seorang programmer tentu sangat berbeda porsi penggunaannya. Jika saya membutuhkannya hanya untuk proses pembelajaran dan hiburan, mereka membutuhkannya dengan lebih kompleks lagi.

Selain itu, penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam masyarakat juga berbeda-beda dalam setiap bidang walaupun pada dasarnya sama, yaitu untuk memudahkan pekerjaan agar lebih efektif.
Kali ini saya akan mencoba membaginya untuk beberapa bidang, yaitu:
1. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan pribadi
Untuk kehidupan pribadi, TIK digunakan untuk berbagai macam hal. Misalnya saja untuk komunikasi. Sekarang, kita bisa dengan mudah untuk berkomunikasi dengan seseorang di luar negeri sana tanpa harus membayar mahal. Pasalnya dengan adanya jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll kita bisa terkoneksi dengan siapapun dan dibelahan dunia manapun dengan harga yang sudah relatif murah. Jadi kita bisa dengan mudah berbaur dengan masyarakat dunia. Juga, dengan kemudahan mengakses internet saat ini, kita bisa selalu update informasi terbaru dan pengetahuan-pengetahuan yang ingin kita cari.
2. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia pendidikan
Tidak ada istilah lagi kata 'mahal' untuk belajar. Pasalnya, sekarang kita bisa menambah pengetahuan dengan mencari sesuatu yang kita inginkan tanpa selalu harus membeli setumpukan buku yang mungkin harganya juga tinggi. Sekarang dengan adanya search engine kita bisa mencari apa saja yang ingin kita ketahui dengan lebih cepat dan berbagai sumber. E-book pun sekarang sudah bisa menggantikan peranan buku cetak. Tidak sedikit pula sekarang sudah banyak terdapat kursus-kursus online bagi anda yang ingin tambahan pelajaran tanpa ingin keluar rumah.
3. Peranan Teknologi Informasi dan Komnikasi dalam dunia bisnis
Bisnis online sekarang sudah marak dimana mana. Untungnya pun menjanjikan. Sebut saja toko-toko online yang ada di facebook, blog, kaskus, dll. Mereka para penyedia barang memudahkan para pelanggan untuk bertransaksi dan membeli barang mereka tanpa harus si pelanggan mendatangi tempat berjualan. Transaksi jual beli pun dilakukan lewat internet. Bisnis ini jika saya bilang sangat menguntungkan keduanya, karena pelanggan bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa susah payah mencai dari toko ke toko tapi tinggal klik sana klik sini mereka bisa mendapatkan barang yang mereka cari dengan cpat dan mudah. Begitu juga dengan si penjual. Untung yang mereka dapat bisa dikatakan luayan. Apalagi jika toko mereka terkenal di jejaring sosial, maka pelanggannya pun akan semakin banyak.

Masih banyak sebenarnya penerapan TIK dalam berbagai bidang. Tetapi saya hanya mengulas hal-hal yang dekat dengan kita saja untuk kali ini.
Jadi, di jaman serba teknologi ini, mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Itu sudah menjadi resiko kita untuk belajar dan memahaminya. Sehingga kelak kita tidak diatur oleh teknologi, tetapi kitalah yang mengatur teknologi.
Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Integrated Laboratory's Gunadarma

Gunadarma BAAK News

UG Seminar Info

Blogger news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner