Yeddy Julianto. Diberdayakan oleh Blogger.

Manusia dan Tanggung Jawab

Jumat, 25 Mei 2012

Tanggung jawab adalah kewajiban seseorang untuk menanggung segala sesuatu apa yang telah ia lakukan baik secara sengaja ataupun yang tidak ia sengaja. Selain itu, tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Setiap manusia memiliki tanggung jawab nya masing-masing walaupun dalam kadar yang berbeda-beda. Misalnya, orang tua kita memiliki tanggung jawab untuk mengurus kita dari kecil dan menyekolahkan kita. Kedua orang tua kita juga memiliki tanggung jawab masing-masing. Ayah memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk keluarganya karena dia harus banting tulang untuk menafkahi keluarganya. Ibu memiliki tangung jawab untuk menyediakan makanan setiap hari. Tetapi ada juga seorang ibu yang banting-tulang untuk menafkahi keluarganya. Sebagai anak pun memiliki tanggung jawab tersendiri dalam keluarga.

Tanggung jawab seseorang berbeda-beda tergantung tempat dan waktu. Tanggung jawab seorang anak berbeda ketika dia berada di rumah dan ketika berada di sekolah. Itu semua tergantung kewajiban yang harus mereka lakukan. Lalu jika seorang anak sudah beranjak dewasa, sudah bukan tanggung jawab kedua orangtua mereka lagi tetapi dia sendiri yang memiliki tanggung jawab untuk mejnjaga diri sendiri.

Janganlah kita menjadi orang yang tidak bertanggung jawab. Karena sebuah pertanggungjawaban itu mencerminkan kualitas dari diri kita sendiri. Jadi kita harus benar-benar mempertanggungjawabkan apapun yang telah kita perbuat, karena sebuah tanggung jawab itu bukan hanya menyangkut kita saja, tetapi terkadang juga menyangkut orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Integrated Laboratory's Gunadarma

Gunadarma BAAK News

UG Seminar Info

Blogger news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner