Yeddy Julianto. Diberdayakan oleh Blogger.

Antara Dunia Maya dan Dunia Nyata

Sabtu, 26 November 2011

Untuk kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas secara khusus tentang apa yang kita lakukan di dunia maya dan di dunia nyata. Apakah yang kita lakukan di dunia maya sama dengan apa yang kita lakukan di dunia nyata?

Terkadang kita terlalu asyik dengan kehidupan di dunia maya. Tidak jarang banyak orang yang lebih 'memilih hidup' di dunia maya dibanding dunia nyata. Mereka lebih memilih melakukan kegiatan di dunia maya dibanding di kehidupan nyatanya. Memang dunia maya itu asyik. Apalagi jika kita sudah masuk ke jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Kita seperti memiliki kehidupan sosial 'kedua'. Tapi kehidupan sosial yang terjadi di dinia maya bisa saja berimbas baik terhadap kehidupan sosial nyata kita. Kita bisa menjadi lebih akrab antara satu sama lain. Tapi tidak jarang juga bisa memperburuk hubungan.

Untuk yang terakhir saya sebutkan tadi akan saya bahas lebih lanjut. Jejaring sosial memang bisa memperburuk hubungan kita dengan seseorang. Misalnya saja kita sedang kesal dengan seseorang lalu kita mengupdate status atas kekesalan kita terhadap orang itu. Bisa saja malah orang lain (bukan orang yang dimaksud) yang tersinggung dan mereasa status itu untuknya. Akhirnya terjadilah kesalahpahaman sehingga sekarang dia punya masalah tidak hanya dengan orang yang dimaksud sebelumnya tetapi dengan orang-orang baru yang tersingung atas statusnya itu. Maslah menjadi rumit kan?
Karena saya pribadi sering kali melihat perselisihan terjadi karena kesalahpahaman di dunia maya. Jadi kita harus berhati-hati dalam memposting sesuatu di dunia maya karena dunia maya itu sangat umum dan bisa dilihat oleh siapa saja.

Omong kosong juga banyak beredar di dunia maya. Maksudnya? Do less talk more!
Misalnya kita bilang di dunia maya bahwa kita mau melakukan ssesuatu apalah itu. Tapi kenyataannya? Banyak yang omong doang. Padahal mereka tidak jadi melakukan hal tersebut atau mereka hanya bilang untuk sekedar gaya ataupun mengikuti trend yang sedang terjadi. Kadang memang tidak sama antara dunia maya dan dunia nyata.
Tidak sedikit juga mereka yang ingin pamer di dunia maya. Baik yang sengaja mereka lakukan maupun yang tidak mereka sadari.

Walaupun asyik, aktifitas di dunia maya sangatlah berimbas pada kehidupan nyata kita, baik itu kecil maupun besar. So, kita harus berhati-hati dalam melakukan kegiatan di dunia maya. Jangan sampai kita terlalu nyaman hidup sdisana. Ingatlah kita masih memiliki kehidupan nyata. Kehidupan yang lebih real. Masih banyak kegiatan yang harus kita lakukan di kehidupan nyata kita. Juga jangan terlalu berlebihan, karena orang-orang di dunia nyata bisa saja jadi menjadi tidak suka terhadap kita gara-gara apa yang kita lakukan di dunia maya.

Don't judge people by their activities on maya world.
Don't talk much do less.
Be original on maya world. And be yourself wherever you are.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Integrated Laboratory's Gunadarma

Gunadarma BAAK News

UG Seminar Info

Blogger news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner