Yeddy Julianto. Diberdayakan oleh Blogger.

Perbedaan Siswa dan Mahasiswa

Selasa, 29 November 2011

Mahasiswa tidaklah sama dengan siswa. Mahasiswa itu lebih tinggi daripada siswa karena disana terdapat kata 'Maha'. Sebenanya tidak usah saya bilang juga pasti sudah pada tau kalau mahasiswa itu tingkatannya memang lebih tinggi. Ya sekedar intermezzo sajalah.

Tugas dan tanggungjawab mahasiswa lebih berat daripada siswa.
Siswa jika dikasih tugas oleh gurunya dan dia tidak mengumpulkan, sang guru tersebut pasti akan menerima tugas itu dikumpulkan kapanpun atau bahkan ada yang menunggu si murid mengumpulkannya sampai akhir semester walaupun dengan berbagai macam konsekuensinya. Intinya kita masih dikejar-kejar oleh guru agar mendapatkan nilai.
Sedangkan mahasiswa? Si dosen bakalan masa bodo apakah kita akan mengumpulkan tugasnya atau tidak. Secara tidak langsung kita memilih ingin mendapatkan nilai atau tidak. Jika terlambat mengumpulkan tugasnya biasanya dosen tidak mau menerimanya karena sudah lewat deadline.
Disini kita belajar menghargai waktu. Karena setiap detik waktu itu berharga.

Juga pada saat proses belajar. Guru biasanya memberikan semua materi terhadap muridnya di dalam kelas. Sedangkan dosen biasanya hanya memberikan sedikit saja garis besar dari materi tersebut dan sisanya kita yang mencarinya sendiri bagaimanapun caranya. Disini kita belajar mandiri agar belajar tidak hanya saat di kelas saja tetapi dimanapun itu asal ada kesempatan.

Jadi bagi kalian siswa/i yang akan berevolusi menjadi mahasiswa. Persiapkan mental kalian dari sekarang. Karena kehidupan mahasiswa itu tidak seenak siswa. Walaupun mahasiswa memiliki waktu yang lebih luang dibanding siswa, tapi jika kalian sudah merasakan menjadi mahasiswa, kalian pasti mengerti arti dari waktu luang tersebut :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Integrated Laboratory's Gunadarma

Gunadarma BAAK News

UG Seminar Info

Blogger news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner