Yeddy Julianto. Diberdayakan oleh Blogger.

Bahayakah Internet terhadap Anak-anak?

Rabu, 30 November 2011

Di jaman serba canggih ini, anak-anak sudah tidak asing lagi dengan internet. Walaupun tidak ada yang mengajarkan, mereka senantiasa bisa mengerti sendiri secara otodidak maupun dari teman-temannya saking mudahnya mengakses internet.
Tapi yang menjadi persoalan, sepenting apakah internet bagi anak-anak dan bahayakah dampak buruknya terhadap mereka?
Kenyataannya saat ini internet telah menjadi tempat berbahaya bagi anak-anak yang patut kita waspadai. Anak-anak menghadapi ancaman nyata di internet seperti cyber-bullying, pornografi, paparan kekerasan dan materi lainnya yang tidak cocok untuk mereka.
Sebelum anak anda menjadi korban, saya sarankan kepada para orangtua untuk melakukan beberapa hal seperti berikut :
1. Jangan menyimpan komputer yang terkases ke internet di kamar mereka. Itu sangat berbahaya dan diluar jangkauan anda untuk mengawasi mereka. Simpanlah di ruang keluarga, kerja atau di tempat dimana anda bisa dengan mudah mengawasinya.
2. Awasi dan dampingi mereka saat menggunakan internet. Kadang bagi anda orangtua yang super sibuk sangat tidak ada waktu untuk mendampingi anak-anak anda. Padahal hal ini sangat penting untuk memberi pengarahan terhadap anak anda tentang etika berinternet.
3. Batasi jam online anak anda. Anda sebagai orang tua harus tegas dan atur jadwal online anak anda. Karena anak-anak terkadang suka lupa waktu dan sering tidur larut malam jika sudah berhubungan dengan internet entah itu untuk bermain game online, jejeraing sosial, maupun chatting.
4. Suruh mereka bermain di dunia nyata. Seasyik apapun itu dunia maya, dunia nyata lebih penting untuk perkembangan psiologis anak anda. Suruh mereka bermain di dunia nyata misalnya suruh mereka bermain permainan tradisional dengan teman-temannya di lingkungan tempat tinggal anda. Karena dewasa ini saya sangat miris sekali jarangnya melihat anak-anak bermain bersama teman-temannya di dunia nyata seperti jaman dulu. Anak-anak jaman sekarang sudah canggih dan lebih memilih bermain di dunia maya.

Anda sebagai orangtua harus waspada akan bahaya ini sejak dini. Karena internet tumbuh sangatlah pesat dan tanpa bimbingan dan pengawasan anda, anak anda tidak akan selamat!

2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Integrated Laboratory's Gunadarma

Gunadarma BAAK News

UG Seminar Info

Blogger news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner