Yeddy Julianto. Diberdayakan oleh Blogger.

Analisis Game Football Manager 2014

Senin, 09 Juni 2014

Football Manager merupakan game simulasi sepakbola yang dikembangkan oleh Sport Interactive dan diterbitkan oleh Sega. Pada tahun 1992 game ini asalnya bernama Championship Manager. Namun, setelah pecahnya kemitraan dengan penerbit asli Eidos Interactive, Sports Interactive kehilangan hak penamaan dan kemudian re-branded game Football Manager dengan penerbit baru mereka, Sega.

Football Manager sendiri baru benar-benar 'lahir' pada tahun 2005, dimana pada tanggal 12 Februari 2004, setelah membelah dari penerbit Eidos Interactive , diumumkan bahwa Sports Interactive, pengembang Manager permainan Championship, telah mempertahankan hak untuk kode sumber tapi tidak hak untuk Championship Manager judul, yang memegang oleh Eidos (yang sebelumnya memperoleh hak merek dari Domark setelah merger pada tahun 1995). Perkembangan ini menyebabkan pengumuman lebih lanjut bahwa game manajemen sepakbola Sports Interactive masa depan akan dirilis dengan merk Football Manager. Sementara seri Manajer Championship akan pergi, Eidos tidak lagi punya kode sumber, atau, memang tidak punya pengembang untuk Championship Manager. Sampai saat ini sudah ada 10 versi Football Manager dari tahun 2005 sampai yang terbaru 2014 ini.



Untuk pertama kalinya dalam sejarah, game Football Manager 2014 akan dirilis untuk tiga platform sekaligus, yaitu Linux, PC, dan Mac. Karena bisa dimainkan di berbagai sistem operasi tersebut, maka Sport Interactive juga menyematkan fitur cloud save di dalamnya sehingga para pemain dapat menyimpan game ini pada satu komputer dan kemudian memainkannya lagi di komputer yang lain. Selain itu, pemain juga tidak perlu khawatir game yang disimpan akan hilang atau rusak karena sudah disimpan dalam cloud storage.

Gameplay

FM14 memiliki modul transfer berbeda di mana klub lawan dan manajer mengadopsi pendekatan yang lebih realistis ketika membuat atau menanggapi transfer penawaran. Selain itu, sejumlah klausul baru seperti pada dunia nyata telah ditambahkan, seperti kemampuan untuk pinjaman pemain kembali ke klub yang baru saja dibeli dari dan pilihan untuk menawarkan kombinasi kas dan pinjaman pemain, serta klausul kontrak baru seperti biaya penampilan pemain pengganti. 



Interaksi antara pemain, manajer, lawan dan media telah diperbaiki. Misalnya, anggota staf pelatih sekarang menawarkan umpan balik tentang bagaimana pemain cadangan dan tim muda berkinerja. Manajer juga dapat meminta pemain kunci untuk mengucapkan sebuah kata dengan anggota skuad agar tetap bahagia, sedangkan pengenalan pertemuan akhir musim  memungkinkan manajer untuk membiarkan skuad tahu bagaimana mereka akan melakukan dan menetapkan target untuk musim mendatang. Negosiasi kontrak lebih realistis dalam permainan, sebagai manajer dan dewan klub sekarang dapat membuat tuntutan dan memberikan visi mereka untuk klub di  wawancara pekerjaan awal dan diskusi perpanjangan kontrak.


Fitur pertandingan memiliki perbaikan yang luas, termasuk peningkatan AI, meningkatkan pencahayaan dan animasi pemain, karakter individu pemain dan model kit, reaksi pemain yang lebih realistis untuk insiden di lapangan dan berbagai optimisations. Penciptaan taktik, pemilihan dan pelaksanaan dengan peran pemain dan strategi tim, definisi peran pemain untuk beberapa posisi, peran pemain baru dan instruksi dan perbaikan manajer lawan 'AI telah dirombak sehingga para manager dapat beradaptasi dengan mudah untuk merombak taktik dari waktu ke waktu.




Awalnya ada total 51 negara dimainkan dan 117 liga dimainkan. Dengan adanya editor memungkinkan pemain untuk menambahkan liga ke tingkat yang paling rendah, serta penciptaan liga baru.


Algoritma yang digunakan

Football Manager merupakan game berjenis sport-strategy khususnya sepakbola yang bisa dimainkan oleh berbagai kalangan. Game ini menarik karena mampu menggabungkan hobi terhadap sepakbola dengan skill manajerisasi suatu tim. Mayoritas saat ini, orang-orang yang gemar terhadap sepakbola hobi pula dalam bermain game. Tentunya, sebagai manajer tim sepakbola, terdapat banyak tugas yang dapat dikerjakan, seperti pemilihan skuad tim, pembelian dan penjualan pemain, pemilihan formasi, pemilihan jadwal bertanding maupun pemilihan starting line-up tiap pertandingan.
Dalam terminologi pemilihan, pastilah manajer tersebut menginginkan hasil yang optimal, yaitu yang terbaik untuk tim yang dilatihnya. Dalam pemilihan pemain maupun formasi yang akan dipakai dalam setiap pertandingan, manajer dapat menggunakan algoritma greedy untuk mencapai bentuk yang optimal tersebut. Prinsip dari greedy yaitu “take what you can get now” mampu diaplikasikan dalam pemilihan skuad tim maupun formasi. Dengan penggunaan algoritma greedy ini, manajer mampu merancang skuad yang terbaik saat itu, meski bukan merupakan yang optimal.

Pada permainan Football Manager terdapat beberapa persoalan yang dapat diselesaikan dengan metode greedy. Persoalan tersebut adalah penentuan skuad tim serta pemilihan formasi. Dalam penentuan skuad tim, strategi greedy yang dapat dilakukan adalah greedy by price dan greedy by skill. Sedangkan dalam persoalan penentuan formasi, strategi greedy yang dapat dipakai adalah greedy by skill, greedy by mood dan greedy by stamina. Pemakaian masing-masing strategi greedy tidak menjamin skuad serta formasi yang paling optimal, namun dapat menjadi optimal lokal saat itu serta sebagai konsiderasi untuk pemilihan selanjutnya bagi manajer.


Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Football_Manager_2014
http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2012-2013/Makalah2012/Makalah-IF3051-2012-072.pdf
 

Pengikut

Integrated Laboratory's Gunadarma

Gunadarma BAAK News

UG Seminar Info

Blogger news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner